Pengaruh Serta Bahaya Begadang bagi Kesehatan

Mungkin bagi sebagian besar orang, begadang atau tetap terjaga hingga larut malam merupakan sebuah rutinitas. Baik itu untuk kepentingan bekerja, maupun hanya sekedar hobi. Telah dikatakan sejak lama bahwa begadang itu memiliki banyak dampak negatif terhadap tubuh serta kesehatanmu, tapi apa semua itu benar?

Menurut beberapa studi, begadang pun ternyata memiliki beberapa keuntungan atau manfaat tersendiri, namun hal ini akan saya bahas di lain artikel. Begitu pula menurut studi lain yang mempelajari tentang bahaya begadang, mereka menemukan bahwa terdapat beberapa efek samping negatif yang dapat kalian rasakan, di antaranya adalah.

Meningkatkan Risiko Gula Darah Tinggi

Pada tahun 2015 sebuah studi (atau biasa disebut sebagai penelitian) menemukan bahwa masalah kesehatan https://www.tenesia.com/ seperti gula darah tinggi lebih banyak terkait dengan orang-orang yang memiliki jadwal kegiatan pada atau hingga larut malam. Meskipun studi tersebut dilakukan pada sebagian kecil sampel, hasilnya menunjukkan bahwa partisipan wanita yang tetap terjaga hingga larut malam rata-rata memiliki gulah darah yang tinggi.

Bahaya begadang yang pertama adalah hyperglycemia atau Hiperglikemia, serta gula darah yang tinggi, sering kali diasosiasikan dengan berbagai penyakit lainnya, mulai dari yang bersifat temporary seperti kelelahan, dan sakit kepala, hingga penyakit serius lainnya seperti penyakit kardiovaskular dan kerusakan pada ginjal.

Dapat Mengakibatkan Kacaunya Jadwal Makan

Keseruan aktivitas pada tengah malam telah menjadi sangat akrab bagi siapa pun yang memiliki kebiasaan belajar hingga larut malam ataupun bagi mereka yang senang melihat berbagai jenis video tutorial mengenai berbagai hal. Namun, pada sebuah studi atau penelitian menemukan bahwa tetap terjaga hingga larut malam dapat membuatmu makan berlebih serta mungkin dapat memperburuknya.

Bahaya begadang seperti yang ditunjukkan oleh penelitian tersebut, kita akan mulai mengidamkan makanan yang lebih padat dengan jenis lemak yang kurang bermanfaat ketika kita terjaga sambil melewati waktu tidur kita, hal ini tentunya dapat menyebabkan kesehatanmu menurun.

Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Bagaimana jika kamu tetap menjaga jadwal tidur rutinmu setiap harinya, namun hanya begadang atau tetap terjaga hingga larut malam pada hari libur (sabtu/minggu misalnya). Sebuah studi mengenai bahaya tentang begadang menyatakan bahwa hal tersebut mungkin masih saja dapat merusak kesehatanmu.

Para peneliti memanggil bahaya begadang ini sebagai sleep patternsocial jet lag” dan menghubungkannya dengan pengaruhnya terhadap penyakit jantung. Faktanya, para peneliti menemukan bahwa setiap jam pada jadwal tidurmu yang bergeser, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 11%.

Dapat Membuatmu Jatuh Sakit

Tahukah kamu bahwa tidur dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuhmu. Jika kamu sedang sakit dan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka kamu dapat memperparah penyakitmu dengan tidak memberi cukup waktu bagi tubuhmu untuk melawan penyakit atau infeksi yang sedang kamu alami.

Memiliki Kemungkinan Untuk Meningkatkan Tingkat Depresimu

Dalam penelitian bahaya begadang yang dilakukan pada awal tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa seseorang yang menganggap dirinya night owls atau sering aktif pada malam hari cenderung lebih banyak memiliki gejala depresi daripada yang tidak. Hal ini juga berlaku terutama bagi para partisipan yang sering begadang serta memiliki diabetes tipe 2.

Itulah beberapa efek negatif dari bahaya begadang yang mungkin timbul ketika kamu tidak mengatur jadwal tidurmu dengan benar, semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*