Ingin Umroh? Intip Biaya Umroh 2020 yang Harus Disiapkan

Ingin Umroh? Intip Biaya Umroh 2020 yang Harus Disiapkan- Pergi ke tanah suci menjadi impian semua umat muslim. Banyak yang berusaha dengan menabung sejak dini untuk bisa berangkat umroh. Namun biaya ini kadang menjadi momok bagi beberapa orang. Oleh karenanya, Anda harus menyiapkan sebaik mungkin. Nah, berikut ini beberapa rincian biaya  untuk umroh yang bisa Anda jadikan referensi.

Paket Umroh dari Murah Sampai Mahal

Faktor lainnya yang akan mempengaruhi estimasi biaya saat umroh adalah paket yang dipilih. Setidaknya ada dua paket umroh yang bisa Anda pertimbangkan. Paket umroh reguler dan paket umroh plus. Paket umroh reguler biasanya berkisar mulai dari 20 juta hingga 35 juta rupiah. Tergantung hotel yang dipilih juga berapa lama berada di tanah suci. Anda dapat memilih hotel bintang 3 dengan kamar quad untuk menghemat biaya akomodasi.

Sedangkan paket umroh plus biasanya menyediakan layanan tour ke negara lainnya sebagai bagian dari perjalanan umroh. Ada travel yang menyediakan umroh plus Turki, umroh plus Palestina atau umroh plus Cairo. Pilihan paket ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menapak tilasi sejarah Islam. Biaya umroh untuk paket ini berkisar dari 31 juta hingga 37 juta rupiah.

Jenis  Maskapai Penerbangan

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi besaran biaya umroh adalah pemilihan maskapai penerbangan juga rute penerbangan yang dipilih. Biasanya, biaya tiket pesawat memiliki porsi sebesar 40% dari paket umroh yang Anda pilih. Beberapa travel umroh menawarkan berbagai pilihan maskapai penerbangan yang dapat Anda pertimbangkan. Mulai dari Garuda Indonesia, Etihad Airways hingga Saudia airlines.

Bagi Anda yang masih cukup muda, memilih penerbangan transit akan cukup menghemat biaya meski akan menghabiskan waktu perjalanan yang lebih lama dari biasanya. Ada juga pilihan direct ke Jeddah yang meski lebih mahal dari transit, namun masih lebih murah dari direct Madinah. Biaya tiket pesawat ini berkisar mulai dari 12,8 juta hingga 15 juta rupiah untuk penerbangan pulang-pergi. Perkiraan biaya ini bisa terus berubah tergantung kurs rupiah terhadap dolar.

Waktu Keberangkatan Umroh

Selain dua faktor di atas, Anda juga perlu memperhatikan waktu keberangkatan saat akan melaksanakan umroh. Bagi Anda yang ingin berangkat umroh bersama keluarga, dapat memilih waktu liburan di akhir tahun atau menjelang bulan Ramadhan. Sayangnya, biaya yang harus Anda keluarkan pada bulan Desember, Juli atau Juni ini lebih besar dari bulan lainnya karena peminat umroh yang amat tinggi pada bulan-bulan ini.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan paket biaya umroh murah dapat mempertimbangkan keberangkatan pada bulan Januari hingga April atau pada bulan Syawal. Paket umroh pada bulan-bulan ini jauh lebih murah dari saat high season serta suasana masjidil haram tak terlalu ramai sehingga dapat meningkatkan kekhuyuan Anda dalam beribadah.

Pilihan maskapai penerbangan, akomodasi, paket umroh yang dipilih hingga waktu keberangkatan yang tepat adalah kunci untuk merencanakan biaya umroh. Selain mempersiapkan biaya, Anda juga perlu mempersiapkan keadaan fisik agar tetap fit selama beribadah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*