5 Pertimbangan dalam Memilih Elementary School Jakarta Sesuai Karakter Anak

5 Pertimbangan dalam Memilih Elementary School Jakarta Sesuai Karakter Anak. Memilih preschool yang tepat untuk anak yang mulai bersekolah memang tergolong tidak mudah. Namun, menentukan Elementary school juga bukan perkara yang mudah. Banyaknya jenis sekolah yang menawarkan keunggulan masing-masing membuat orang tua bingung.

Di kota besar seperti Jakarta juga menawarkan berbagai sekolah dasar dengan fasilitas yang memikat. Lalu, bagaimana sebenarnya cara memilih primary school yang tepat pada anak?

Materi Pelajaran

Hal paling mendasar adalah dengan memperhatikan materi pelajaran apa saja yang akan diajarkan selama enam tahun anak-anak bersekolah di sana. Perhatikan tujuan orang tua dalam menyekolahkan anak. Lalu, selaraskan dengan topik-topik yang akan diajarkan guru. Sudah sesuai atau belum. Jika bertolak belakang dengan goal orang tua, sebaiknya carilah sekolah dasar lain. Jangan sampai ketika orang tua ingin anak-anak memperoleh ilmu pengetahuan agama yang banyak, malah menyekolahkan ke sekolah negeri, atau sekolah swasta umum. Sekolah Dasar Islam Terpadu atau Madrasah Ibtidaiyah bisa jadi solusi yang tepat untuk tujuan tersebut.

Tenaga Pendidik

Dalam hal ini perhatikan guru-guru di sekolah Elementary School Jakarta tersebut. Kalau perlu, datanglah meninjau seharian bagaimana cara guru tersebut berinteraksi ke siswa-siswa, kepala sekolah, orang tua, dan siapa pun orang yang berada di sana. Bagaimana cara guru mengajar di kelas juga perlu kita perhatikan. Apakah guru-guru mereka tergolong ramah dan sabar, atau malah sebaliknya. Guru yang bijaksana adalah guru yang kita harapkan bisa mendidik anak-anak kita. Kenapa? Karena guru adalah orang tua kedua bagi anak. Walaupun yang tidak boleh kita lupa, orang tua lah guru pertama bagi anak.

Fasilitas

Jika kita ingin anak-anak kita tidak hanya cerdas membaca, menulis, berhitung, menghapal, tetapi juga cerdas menganalisis, meneliti, berkebun, berwirausaha, perhatikan fasilitas-fasilitas yang tersedia di sekolah. Lengkap atau tidak. Banyak sekolah yang sudah menawarkan fasilitas seperti area berkebun dan berdagang untuk melatih anak mandiri sedini mungkin.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Setiap anak memiliki minat dan bakat tertentu. Jika orang tua sudah melihat dan memahami hal tersebut, maka pilihlah sekolah Elementary School Jakarta yang memfasilitasi hal tersebut. Anak dengan bakat beladiri misalnya, orang tua bisa menanyakan ke sekolah yang diincar apakah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler beladiri di sana.

Anak yang suka bermain basket sebaiknya kita melihat di sekolah apakah ada lapangan basket atau tidak. Selain pintar dari segi akademis, anak-anak juga menjadi lebih terampil di bidang yang disukai. Siapa tahu suatu saat nanti, kegiatan yang mereka tekuni bisa menjadi pekerjaan tambahan atau malah pekerjaan utama yang menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk membantu menyukseskan kehidupan mereka.

Lokasi

Jarak sekolah dan rumah sebaiknya menjadi pertimbangan selanjutnya dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak. Kecuali, jika anak bersekolah di tempat yang bisa menginap. Asrama atau pondok pesantren yang dipilih pun sebaiknya jangan terlalu jauh. Dua jam perjalanan dari rumah menuju asrama sepertinya sudah menjadi batas maksimal waktu yang ditempuh. Mengingat anak primary school masih dalam tahapan belajar untuk mandiri. Mereka masih membutuhkan perhatian jauh lebih banyak daripada anak sekolah menengah.

Sebaik-baik sekolah adalah rumah. Anak-anak boleh belajar di tempat terbagus dan dididik oleh guru terbaik. Namun, orang tua jangan lupa. Sekolah pertama bagi akhlak anak adalah di rumah dan guru pertama anak adalah orang tua. Sekolah penunjang lainnya yaitu Elementary School Jakarta. Semoga artikel ini membantu ya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*